Selamat Datang di Blog Knowledge Is The Priority, mari bergabung dan saling bertukar pengetahuan tentang banyak hal Saya berharap Semoga bermanfaat, terima kasih.

Minggu, 02 Januari 2011

Kreativitas dalam Pembelajaran

Kali ini kita mencoba mengangkat topik mengenai apa itu kreativitas dalam pembelajaran. Berikut akan diuraikan secara singkat pengertian kreativitas dalam pembelajaran :




Roger B. Yepsen Jr (dalam Djunaedi, 2002) mengatakan bahwa kreativitas merupakan kapasitas untuk membuat hal yang baru (creativity is the capacity for making something new). menurut mihaly Csikszentmihaly (1996) bahwa orang yang kreatif adalah orang berfikir atau bertindak mengubah suatu ranah atau menetapkan suatu ranah baru (a create person is someone whose thaoughts or action change a domain, or establish a new domain). berdasarkan pendapat itu kamampuan memunculkan dan mengembangkan gagasan, ide-ide baru yang lahir sebelumnya, memecahkan masalah secara divergen (dari berbagai sudut pandang) seperti pada pelajaran matematika dan IPA dan banyak lagi hal lainnya, menuntut kreativitas dan partispasi siswa secara aktif. 

Belajar merupakan bagian dari sisi kehidupan manusia, Proses belajar melibatkan siapa yang diajar dan pengajarnya, sedangkan yang akan kita harapkan dari belajar adalah memperoleh sesuatu yang baru dan menarik. sesuatu yang baru, orisinal dan unik bisa merupakan hasil kreativitas.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.

Sumber : Buletin LPMP Sumatera Selatan Edisi 02/tahun VI/2010 hal 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar